Minggu, 26 Februari 2012

Ades Sadewa - Bagantuang Indak Batali


Kok hujan hujankan bana
Nak jaleh batuduang kain
Kok indak indakkan bana
Nak jaleh cari nan lain

Badabuo si ombak puruih
Mahampeh kasiak di tapi
Bamulo badan ko kuruih
Digantuang indak batali

Oi adiak pautan sayang
Den arok palarai damam
Bajalan adiak jo urang
Mangkonyo sansaro badan

Kamis, 23 Februari 2012

Ades Sadewa - Bagaluik Jo Parasaian


Sajauah-jauah ndeh mandeh tabangnyo bangau
Pulangnyo ondeh yo mandeh ka kainggiran juo
Pulangnyo ondeh yo mandeh ka kubangan juo

Sajauah-jauh ndeh mandeh denai marantau
Kampuang halaman ndeh mandeh takana juo
Tapian mandi ndeh mande tabayang juo

Taragak bana ndeh mandeh pulang ka kampuang
Ayah jo bundo bamain di ruang mato
Apo kadayo ndeh mandeh si badan diri
Badan di rantau bagaluik jo parasaian

Badan di rantau bakawan jo parasaian
Antah pabilo kasangan bacando urang

Ka denai jalang ndeh mandeh tanah tapian
Biduak tasakek di salo karang
Antah pabilo badan ka pulang
Badan marasai di rantau urang -

Rabu, 22 Februari 2012

Ini Jabatan dan Posisi Unik di Google

Selain memiliki banyak fasilitas, jabatan dan posisi di Google pun terbilang unik.

VIVAnews - Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, Google memang dikenal perusahaan yang memperlakukan karyawannya secara unik dan tidak konvensional. Salah satu cara yang diterapkan adalah menyediakan berbagai fasilitas menarik di kantornya.


Tak hanya itu, Google juga memiliki tradisi unik yang dijalankan di kantornya. Antara lain pemberian nama unik untuk suatu posisi dan jabatan.
Mengutip Bussiness Insider, inilah jabatan dan posisi unik yang ada di Google.
  1. Dance Program Manager
    Ini merupakan posisi yang memiliki deskripsi kerja melatih pegawai Google untuk dansa, yoga, dan kelas lain yang ada di studio dansa Google di Kampus Mountain View. Cara ini dilakukan Google untuk menjamin karyawannya dalam kondisi kesehatan yang baik.
  2. Nutrisionist
    Para ahli nutrisi ini memastikan bahwa makanan yang disediakan Google memiliki nilai gizi yang baik. Selain bergizi, para karyawan Google bisa memperoleh makanan ini gratis.
  3. Food Scientist
    Posisi ini merupakan bagian dari Departemen Sumber Daya Manusia, yang memastikan kualitas makanan untuk karyawan Google. Misalnya, memastikan mana yang lebih baik, coklat M&M dalam keadaan terbuka atau ditutup plastik.
  4. Childcare Center Preschool Teacher
    Guru ini mengajar di fasilitas pendidikan yang diberikan Google, yang ada di sejumlah kantor Google.
  5. Massage Therapist
    Para terapis pijat ini siap memberikan pijatan terbaik untuk menghilangkan stres yang mungkin muncul di kantor.
  6. Ergonomist Specialist
    Para ahli ergonomis ini akan mengatur meja kerja karyawan Google senyaman mungkin. Dengan demikian para pekerja tidak mengalami gangguan punggung, atau masalah ruangan yang sempit.
  7. Fitness Program Manager
    Sesuai namanya, manajer di posisi ini akan memastikan para karyawan Google tetap menjaga kesehatan dan kebugarannya di tempat kerja.
  8. Transportation Program Manager
    Manajer ini akan mengatur transportasi para karyawan Google. Misalnya, akan memastikan posisi kendaraan komuter, sepeda di dalam kampus Google, dan sarana transportasi lain yang memudahkan para karyawan.
  9. Jolly Good Fellow
    Ini merupakan jabatan yang diemban oleh Chade Meng-Tan, yang biasa dipanggil Meng. Meng merupakan salah satu ahli yang bekerja di Google sejak awal perusahaan ini berdiri. Sekarang, Meng memiliki tugas baru, yaitu menjadi motivator yang sering menyampaikan pesan agar para karyawan mengoptimalkan potensi terbaik yang dimiliki masing-masing.
  10. Green Team Lead
    Ini merupakan posisi yang menjaga Google sebagai perusahaan hijau. Tugas mereka antara lain menjaga efisiensi energi di gedung-gedung, serta mencari makanan yang juga ramah lingkungan.
  11. Intergalatic Federation King Almighty and Commander of the Universe
    Ini merupakan jabatan milik Tifanny Montague, yang bertanggung jawab terhadap proyek luar angkasa Google. Salah satu programnya adalah Lunar X Prize, misi US$ 30 juta yang akan meluncurkan robot ke bulan.
Sumber: VIVAnews.com

Selasa, 21 Februari 2012

Susi - Kariang Cinto di Hati

Alah ka tangah iyo carano
Tandonyo urang datang maminang
Ndak disangko tapi lah nyato
Kinilah tibo alek di kambang
Garak cinto bukan dek kito
Tapi kandak urang tuo baa den malawannyo

Rami alek nan datang langang denai rasokan
Sabalum tibo uda nan surang
Maliek uda datang aie mato balinang
Tangan den dingin manjawek salam

Den kambang sapu tangan nan dulu babarikan
Paubek sakik manahan sahdu
Antah bilo ka kariang aie mato di pipi
Antah kok kariang cinto di hati

Ima Gempita - Tanang-Tanang Mangaramkan


Tanang-tanang mahanyuikkan
Di nan tanang karam juo
Tanang-tanang mangaramkan
Di nan tanang sansai juo

Basah-basah alah kuyuik den sadari
Dingin-dingin lah mangilu den sasali
Basah-basah alah kuyuik den sadari
Dingin-dingin lah mangilu den sasali

Ranyang-ranyang, kamanangih yo takuik sabak mangasan
Bialah.... Aie mato den luluo isak den gumam
Palarian angan-angan den bawok babega tabang
Bialah den tangisi bulan hilang di nan kalam

Karam di nan tanang sesonyo bakapanjangan

Senin, 20 Februari 2012

An Roys - Pangangguran Tingkek Tinggi


Oi upiek taulah diuntuang
Alah coiko pandangaran
Usahlah banyak kandak juo
Iko jo itu nan bamintak
Sadangkan waden ndak bakarajo

Kok jo waden kau lah bakandak
Kandak indak dapek diarok
Hiduiklah bak cando karakok
Bagala PTT aratinyo
Pangangguran tingkek tinggi

Ka ateh indaklah bapucuak
Ka bawah indaklah baurek
Di tangah digiriek kumbang
Baitu bana yo diak ei

Kok bamintuo lai kayo
Baladang cangkeh nan jo palo
Tinggalah dulu samantaro
Malakik waden bakarajo

Jumat, 17 Februari 2012

Ima Gempita - Rinai Dibulan Tarang


Katiko bulan tarang rinai pun turun
Angin malam dingin barambun
Taisak kawan lamo manangih
Balangang-langang sunyi manyisiah....

Malayang angan tabang hati manarawan
Bayang-bayang datang yo manyeso diri
Kama batenggang, sasalan manikam hati

Sairiang hujan pipi basah
Aie mato jatuah balinangan

Hoo, patenggangkan.... Iboi, kasiani
Hoo, kawan dulu.... Diseso rindu kahilangan
Tampek mangadu

Didalam angan-angan masihkah ado bayang
Katiko hujan turun kito babimbiangan
Didalam angan-angan masihkah ado bayang
Katiko basah-basah kito kahujanan

Selasa, 14 Februari 2012

Ima Gempita - Asal Matamu Bicara


Diam-diamnya engkau, meresahkan
Tak biasanya kau begini, sayangku
Berubah sikapmu, mengapa
Aku takut kehilangan cintamu

Diam-diamnya engkau, kasihku
Biasanya teduh matamu, menyapa
Kemana candamu, manjamu
Apa salah dan apalah dosaku

Diam-diam biarlah engkau diam
Asal matamu sayang bicara
Diam-diam biarlah engkau diam
Asal matamu sayang bicara

Diam-diam jangan lama kau diam
Menangis aku kau tega
Ku rindu candamu, manjamu
Aku sayang padamu

Minggu, 12 Februari 2012

Damaskus: Sentra Pengolahan Besi


Damaskus: Sentra Pengolahan Besi

Damaskus, ibukota Suriah (Syiria), dikenal sebagai salah satu kota pengolahan besi yang sangat hebat. Kualitasnya telah diakui oleh berbagai kalangan. Bahkan, pasa masa awal keislaman, besi-besi Damaskus dijadikan sebagai alat utama membuat senjata, seperti pedang, tombak, anak panah, dan sebagainya.

Pada abad 7-8 Masehi, ketika berada dalam kekuasaan Dinasti Umayyah, Damaskus menjadi pusat pembuatan pedang yang terkenal di dunia Islam. Begitu pula pada abad ke-9 hingga 12 M, ketika Damaskus berada dalam wilayah kekuasaan Ayyubiyah, kota ini menjadi pusat pembuatan pedang yang sangat tersohor.

Selain kuat dan tajam, pedang buatan Damaskus juga sangat berkualitas dan memiliki tekstur yang indah dan menarik. Ketika terjadi Perang Salib, tentara musuh Islam terperangah melawan tentara Muslim. Sebab, disamping memiliki kuda-kuda perang yang andal, pedang-pedang tentara Islam mampu merobohkan perlawanan tentara musuh dengan sekali tebas.

Saat Perang Salib itulah, peradaban Barat mulai mencari rahasia teknologi tempa baja yang dikuasai dunia Islam. Tentara Perang Salib menyebut baja yang hebat dari Damaskus itu dengan sebutan Damascus Steel. Teknologi pengolahan besi dan baja Damaskus yang tersohor itu disebabkan oleh pembuatnya yang mampu menempa dan mengeraskan wootz steel menjadi indah dan lentur.

Seni membuat pedang di era kejayaan Islam mendapat perhatian khusus dari peradaban Barat. Secara khusus, Robert Hoyland dan Brian Gilmore menulis buku bertajuk Medieval Islamic Swords and Swordmaking. Buku setebal 216 halaman itu mengupas risalah yang ditulis ulama Muslim terkemuka pada abad ke-9, M. Ya’qub Ibnu Ishaq Al-Kindi, tentang Pedang dan Ragam Jenisnya.

Al-Kinidi menulis secara lengkap teknologi pembuatan pedang. Ia juga mengklasifikasikan beragam jenis besi dan baja untuk membuat pedang. Menurutnya, pedang itu terbuat dari dua jenis besi, yakni alami (yang ditambang) dan tak alami (buatan). Besi alami menurut Al-Kindi, terbagi menjadi dua: Sharbuqan (besi laki-laki yang sangat keras yang diolah dalam kondisi panas) serta Narmahin (besi perempuan ini adalah besi yang lembek dan yang tak dapat diolah dalam kondisi panas).

Pada era kejayaan Islam, pedang-pedang yang dibuat para pandai besi di dunia Islam juga ada yang bahannya diimpor dari Sarandib (kini wilayah Srilanka). Sedangkan, besi dan baja pedang asli dari dunia Muslim berasal dari Khurasan, Basrah, Damaskus, Mesir, dan Kufah.

Ilmuan Muslim lainnya yang menguasai teknologi pembuatan pedang adalah Abu Al-Raihan Al-Biruni (973-1048 M). Secara khusus, ia menulis kitab berjudul Al-Jamahir fi ma’rifat al-jawahir. Dalam karyanya itu, Al-Biruni menggambarkan proses karbonisasi besi tempa dan pembuatan baja dari besi tuang.

Prof. Ahmad Y. Al-Hassan dalam tulisannya berjudul The Origin of Damascus Steel in Arabic Sources mengungkapkan, hampir semua pedang di dunia Islam terbuat dari besi Damaskus. Salah satu ciri khas pedang dari Damaskus dihiasi dengan pola hias (firind).

Menurut Al-Kindi, firind dapat ditemukan dalam semua jenis besi buatan. Sedangkan, pedang yang terbuat dari besi alami tak memiliki pola hias atau firind. Al-Biruni dalam kitabnya Al-Jamahir secara menarik menjelaskan latar belakang di balik pembuatan pola hias pada pedang. [sya/hri/berbagai sumber]

Dikutip dari Islam Digest Republika Edisi Ahad, 16 Agustus 2009.

Jumat, 10 Februari 2012

Menggerakkan Jari Telunjuk Ketika Tasyahud

Menggerakkan Jari Telunjuk Ketika Tasyahud

Segala puji hanya milik Allah, yang telah menurunkan Al-Qur’an yang mulia sebagai petunjuk yang sempurna dan tidak ada keraguan di dalamnya. Semoga shalawat dan salam tetap tercurah kepada Nabi Muhammad sebagai utusan Allah, yang telah menjelaskan syariat Islam secara sempurna, sehingga umatnya terhindar dari jurang kesesatan. Selanjutnya kepada sahabat, dan orang-orang yang mengikuti jalan mereka dengan baik hingga akhir zaman. Amma ba’du.

Shalat merupakan bentuk ibadah yang sangat agung, di dalam rangkaian ibadah inilah seorang hamba mampu menjalin kontak langsung dengan Rabb-nya. Ibadah shalat terikat dengan pensyariatan yang telah disyariatkan oleh Allah dan Rasul-Nya. Sehingga untuk melaksanakan ibadah shalat harus berpedoman kepada Al-Qur’an dan sunnah dengan pemahaman yang benar. Kaidah ushul fiqih mengatakana bahwa hukum asal ibadah itu adalah tauqifiyah (tata cara pelaksanaannya terikat dengan dalil). Karena ibadah tidak akan diterima di sisi Allah kecuali jika memenuhi dua syarat yaitu ikhlas dan itiba’ (mengikuti petunjuk dan tuntunan nabi) dengan pemahaman para sahabat. Yaitu melakukan gerakan shalat sesuai dengan yang berliau ajarkan pada para sahabat, sebagaimanan sabada beliau, “Shalatlah kalian sebagaimana kalian lihat aku shalat.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Maknanya bahwa hendaknya shalat yang kita lakukan sesuai dengan yang dilihat oleh para sahabat, karena perintah tersebut pertama kalinya diterima oleh sahabat dan mereka yang melihat Rasul shalat, dan bagi kita yang hidup masa sekarang diwajibkan untuk mengikuti prakter shalatnya para sahabat dan menjauhi perkara bid’ah (yang tidak ada tuntunan dan contohnya). Pada masa sahabat praktek shalat tidak mengalami banyak masalah, hal ini dikarenakan para sahabat bisa melihat langsung Rasulullah shalat, sehingga semua gerakan yang disunnahkan oleh nabi diketahui oleh para sahabat, begitu juga sebaliknya ketika mereka melakukan kesalah maka nabi sendiri yang meluruskan kesalahan mereka sehingga bid’ah terhindar dari para sahabat.

Namun seiring dengan perkembangan zaman, dari generasi ke generasi, petunjuk ibadah shalat mulai terlupakan dan terkaburkan akibat bid’ah yang tumbuh subur, seolah-olah yang sunnah dianggap bid’ah dan sebaliknya bid’ah dianggap sunnah.

Bahkan ibadah sunnah ada yang terkubur sama sekali. Sebagaimana yang diprediksikan Ibnu Abbas ra., “Tidaklah datang kepada manusia suatu tahun kecuali mereka telah membuat suatu kebid’ahan di dalamnya dan telah mematikan satu sunnah, sehingga hiduplah bid’ah tersebut dan matilah sunnah.” (Diriwayatkan oleh Thabrani dalam Al-Kabir, Al-Haitsimi berkata dalam Majmu’ Azzawaid (2/188): Perawinya shahih).

Apa yang dikatakan oleh Ibnu Abbas tersebut ternyata benar dan telah terjadi pada saat sekarang, sunnah telah ditinggalkan dan bid’ah tumbuh subur. Salah satu contoh sunnah yang sudah ditinggalkan, bahkan tidak diketahui oleh kaum muslimin yaitu tahrik (menggerak-gerakkan jari telunjuk pada saat tasyahud). Sunnah ini hampir tidak dikenal oleh sebagian besar umat Islam apalagi untuk mengamalkannya, bahkan sudah dianggap sebagai hal yang asing. Sehingga mereka yang tidak mengetahui sunnah ini akan merasa heran, lebih parah lagi sampai mencaci, meperolok-olok dan membenci orang yang melakukannya. Hal ini terjadi akibat faktor kebodohan yang melanda kaum muslimin, jauhnya sebagian umat Islam dari ilmu dien, dan tidak mau bertanya kepada ahli ilmu yakni para ulama, karena mereka yang menjaga warisan nabi dan merekalaah yang bisa menembus dimensi waktu sampai ke zaman kenabian melalui petunjuk yang ditinggalkan oleh Rasulullah. Untuk memperkenalkan dan memunculkan kembali sunnah-sunnah Rasul yang hampir terlupakan dalam shalat, maka dalam penulisan edisi kali ini akan membahas tentang masalah TAHRIK (menggerakkan jari telunjuk) pada saat tasyahud.
  1. Cara Berisyarat dengan Jari Telunjuk Ketika Tasyahud
    Dalam shalat, berisyarat dengan jari telunjuk pada saat tasyahud merupakan salah satu diantara gerakan shalat yang dilihat oleh para sahabat. Sebagaimana yang dijelaskan dalam hadits, dari Abdullah bin Zubair, dia berkata: “Rasulullah apabila duduk setelah dua rakaat dan empat rakaat maka beliau melatakkan kedua tangannya di atas paha, kemudian mengisyaratkan dengan jari telunjuknya.” (Shahih Sunan Abi Dawud 908-910, shahih Muslim, shahih Sunan an Nasa’l 99/1160). Riwayat yang semakna dengan hadits ini juga dijelaskan pada hadits lain, seperti riwayat Ibnu Umar, Abdullah bin Zubair, Abu Humaid as Sa’idi, dan Numair al Khuza’i.

    Para ulama menjelaskan tentang makna dan tatacara berisyarat pada hadits di atas kepada dua bentuk: Pertama, berisyarat tanpa menggerak-gerakkan jari telunjuk dari awal hingga akhir. Kedua, berisyarat dengan menggerak-gerakkan (berulang-ulang) jari telunjuk dari awal hingga akhir.

    Adapun berisyarat yang sering kita lihat adalah berisyarat dengan menggerakkan jari telunjuk disaat membaca dua kalimat syahadat saja. Hal ini merupakan isyarat yang tidak ada dasarnya dari sunnah nabi. Karena para sahabat tidak pernah meriwayatkan nabi melakukan gerakan yang demikian, cukuplah kita untuk melakukan yang diajarkan oleh Rasulullah kepada para sahabatnya tanpa menambah dan menguranginya.

  2. Dalil Pensyariatan Berisyarat dengan TAHRIK (menggerak-gerakkan jari telunjuk) pada saat tasyahud
    Dari sahabat Waa-il bin Hujr, ia berkata: “Aku berkata (Waa-il bin Hujr) berkata, ‘sesungguhnya aku akan melihat bagaimana beliau shalat, maka akupun melihat ketika berdiri, beliaupun bertakbir dan mengangkat kedua tangannya hingga mencapai kedua daun telinganya, kemudian beliaupun meletakkan tangan kanannya di atas punggung dan pergelangan tangan kirinya, kemudian tatkala beliau hendak ruku’, beliaupun mengangkat kedua tangannya seperti sebelumnya, lalu ia ruku’ dan meletakkan kedua tangannya di atas kedua lututnya, kemudian beliau mengangkat kepala dan juga kedua tangannya seperti sebelumnya, lalu beliau sujud dan beliau melatakkan kedua telapak tangannya sejajar dengan kedua telinganya, kemudian beliau duduk iftirasy di atas paha kirinya, dan menjadikan tangannya yang kiri di atas paha dan lututnya yang kiri pula, dan meletakkan ujung siku tangan kanannya di atas pahanya yang kanan, dan beliaupun membuat lingkaran (dengan jari tengan dan ibu jarinya) dan beliau mengangkat jari (telunjuknya), maka akupun melihat beliau menggerak-gerakkannya sambil berdo’a dengannya, kemudian aku datang setelah itu ketika cuaca dingin, maka aku melihat para sahabat yang tangan mereka bergerak dari bawah pakaian mereka.’” (Al-Musnad IV/318, Bukhari dalam Qurratul ‘Ainain bi Raf’il Yadain fish Shalah hal. 27 no. 30, Abu Daud 1/178, an Nasa’i 1/463, Ibnu Hibban V/170-171, Ibnu Khuzaimah I/234, Ad Darimi 1/230, Baihaqi II/189, Thabarani XXII/35, Ibnu Jarud no. 208). Hadits ini dishahihkan oleh para ulama dalam kitabnya, seperti Imam Al-Albani dalam kitabnya Sifat Shalat Nabi, Tamamul Minnah, shahih Sunan Abi Dawud, Shahih Sunan an Nasa’i, dan Irwaul Ghalil.

  3. Penjelasan hadits oleh para ulama
    1. Syaikul Islam Ibnu Qayyim al-Jauziyyah dalam kitabnya Zaadul Ma’ad (I/238-239) beliau menjelaskan, pada hadits Waa-il bin Hujr tentang menggerakkan jari telunjuk ketika berisyarat dalam tasyahud, merupakan penetapan di dalam shalat, dan penetapan itu harus dikedepankan dari penolakan yang ada pada hadits lain, apalagi hadits tersebut telah dishahihkan oleh Abu Hatim (Ibnu Hibban) dalam kitab shahihnya, adapun hatits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dari Abdullah bin Zubair, yang menyebutkan nabi berisyarat ketika berdo’a dan tidak menggerakkan jari telunjuknya, maka tambahan lafadz ini perlu diteliti keshahihannya, padahal Imam Muslim telah menulis hadits tersebut dalam kitab shahihnya dengan redaksi yang panjang, namun tidak disebutkan tambahan lafadz tersebut.
    2. Syaihk Ahmad bin ghunaim bin Salim An-Nafrawi Al-Azhari dalam kitabnya Al-Fawaakihud Dawaani (I/223-224) berkata: “Disunnahkan pada saat menegakkan jari telunjuk untuk berisyarat yakni dengan cara menggerak-gerakkannya ke kanan dan ke kiri atau dari atas dan ke bawah atau juga sebaliknya. Kemudian beliau melanjutkan perkataannya: Aku mengira (meyakini) takwil yang benar yakni alasan dari menggerak-gerakkannya adalah menghadirkan hari (konsentrasi) dalam shalat dan juga khusu’, selama hati masih konsentrasi, shingga ia dapat terhindar dari kealpaan dan selainnya.
    3. Syaikh Abu Bakar Jabir Al-Jazairi (Guru besar di Masjid Nabawi Madinah) berkata: “Dalam risalahnya yang berjudul Min Sunnanil Huda Raf’ul Yadaini fid Du’a: “....menurut pendapat yang rajih (lebih kuat) di dalam masalah ini adalah berisyarat dengan telunjuk sambil menggerak-gerakkannya sebagaimana yang diikuti madzab Maliki yang berpegang pada hadits Waa’il bin Hujr. Dan kami melihat menggerak-gerakkan jari telunjuk tidaklah dengan cepat-cepat, tidak pula ke kiri dan ke kanan, tetapi ke atas dan ke bawah.” (lihat buku 20 Masalah Shalat hal. 35)
    4. Prof. Dr. T.M. Hasbi Ash-Shiddiqie dalam kitab Pedoman Shalat (hal. 160) berkata: “Nabi mengerakkan jarinya dalam berdo’a. Sifat ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad.” Pada halaman 162 ia berkata: “Kami memilih cara yang dikemukakan oleh Waa-il bin Hujr.
    5. Ustadz A. Hasan Bandung dalam kitabnya, Pengajaran Shalat (hal.234), menjelaskan bahwa pendapat yang kuat adalah berisyarat dengan menggerak-gerakkan jari telunjuk ketika do’a tasyahud. Kemudian beliau membawakan hadits Waa-il bin Hujr.
    6. Drs. Tamar Noer ( beliau adalah ustadz Thawalib Padang Panjang) berkata dalam kitabnya Cara Shalat Rasulullah (hal. 171-175) tentang cara tahiyyat awwal dan akhir, beliau berkata: “....jari telunjuk ditunjukkan ke arah tempat sujud dan digerak-gerakkan waktu mulai membaca tahiyyat sampai akhirnya.

Demikianlah keterangan dari beberapa ulama dan para da’i dalam tulisan dan buku-buku mereka, sehingga kita bisa memahami bahwa tahrik pada saat tasyahud ada dasarnya dari sunnah Rasulullah Saw., berdasarkan hadits Waa-il bin Hujr di atas, sehingga tidak ada celah bagi seseorang untuk mencela dan menbid’ahkan hal tersebut. Walaupun terdapat perbedaan pendapat para ulama tentang dua tatacara tasyahud sebagaimana yang telah kita sebutkan di awal pembahasan ini. Wallahu a’lam.

Abu Qatadah Al-Atsari

Maraji’:
  1. Kitab Tafsir Ibnu Katsir dalam hadits.
  2. Buku Petunjuk Bagi Mereka Yang Menolak Untuk Menggerakkan Jari Telunjuk Ketika Tasyahud. Karya Ibnu Saini. Penerbit Pustaka Abdullah, Jakarta. Cetakan I/Agustus 2004.

Recopy dari Buletin Al-Istiqamah Volume 11/Th.4/1427 H.

Kamis, 09 Februari 2012

Ria Amelia - Si Nona


Si nona, si nona rang gadih mantiak
Nan suko, nan suko pai malala
Si nona, rang gadih nan jolong gadang
Nan suko, nan suko pai batandang

Oh malala, jan lah malala juo
Harilah sanjo
Oh marilah, marilah kito pulang
Harilah patang

Awak rancak budi elok
Baso basi mamikek hati

Ria Amelia - Ayam Den Lapeh


Luruihlah jalan Payokumbuah
Babelok jalan Kayu Jati
Dima hati indak ka rusuah
Ayam den lapeh
Ai ai, ayam den lapeh

Mandaki jalan pandai sikek
Manurun jalan ka Biaro
Dimana hati ndak kamaupek
Awak takicuah
Ai ai, ayam den lapeh

Sikuo capang sikuo capeh
Saikuo tabang saikuo lapeh
Lapehlah juo nan ka rimbo
Oi lah malang juo

Pagaruyuang Batu Sangka
Tampek bajalan Urang Baso
Duduak tamanuang tiok sabanta
Oi takan juo
Ai ai, ayam den lapeh

Minggu, 05 Februari 2012

Al-Qur’an Sumber Ilmu Yang Tak Pernah Kering


Al-Qur’an Sumber Ilmu Yang Tak Pernah Kering

SEMAKIN digali dan dikaji, akan semakin luas dan dalam kandungan ilmu yang terdapat dalam Al-Qur’an.

Dalam suatu kesempatan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta, Prof. Dr. Komaruddin Hidayat, pernah berdiskusi dengan seorang profesor dari Universitas McGill, Montreal, Kanada. Sang profesor mengajar mata kuliah Islamologi di universitas tersebut.

Sebagai dosen Islamologi, apa yang paling menarik dari agama yang dibawa Muhammad ini?” tanya Komaruddin.
Sang profesor menjawab, “Saya sangat terkesan dengan Al-Qur’an.

Profesor ini menambahkan, “Jika saya membaca buku-buku teori akademis, cukuplah seminggu persiapannya dan saya sudah bisa menjelaskan di depan mahasiswa hampir 80 persen dari kandungan buku serta formula pokoknya. Kalau saya membaca novel, cukuplah sekali saja, sudah malas membaca untuk yang kedua kalinya. Buku-buku ilmiah itu, loginya linier, runtut, mudah diikuti urai-uraiannya sejak dari judul, daftar isi, masalah pokok, metode pembahasan, tesis pokok yang disajikan, dan kemudian kritik serta kesimpulan. Bahkan, dengen metode speed reading (baca cepat), buku yang cukup tebal bisa dibaca dalam waktu sehari saja. Namun, sungguh berbeda ketika saya membaca Al-Qur’an,” ujarnya.

Menurut pengakuan sang profesor, pada awalnya dirinya merasa bingung dengan gaya bahasa Al-Qur’an yang loncat-loncat dan tidak sistematis. Namun demikian, dirinya terus saja membaca Al-Qur’an.

Kalau memang susunan kata dan kalimatnya tidak sistematis dan kacau, mengapa kitab ini selalu dicetak ulang hingga ribuan kali. Bahkan, banyak orang yang mendapatkan ilmu pengetahuan dan inspirasi serta menulis ribuan buku dari kitab yang tidak konsisten ini,” jelas profesor tersebut sebagaimana ditirukan Komaruddin Hidayat.

When I read Al-Qur’an, I feel I take a long and beautiful journey of meaning trhough sentence by sentence, word by word,” ungkap profesor tersebut. Penjelasan ini disampaikan Komaruddin dalam pengantanya pada buku Matematika Al-Qur’an yang ditulis oleh KH. Fahmi Basya.

Komaruddin mengatakan, Al-Qur’an memiliki keunikan. Karena keunikannya itu pula, banyak ilmuwan terinspirasi untuk menulis dan mengemukakan sesuatu berdasarkan keterangan Al-Qur’an.

Lihatlah, betapa banyak buku keislaman yang ditulis oleh sejumlah ilmuwan yang sebagian besar bersumber dari Al-Qur’an. Dalam bidang keagamaan, tercatat buku-buku fikih, akidah, filsafat, tafsir, sejarah nabi dan rasul, dan lain sebagainya.
Sementara itu, dalam bidang umum, banyak ilmuan berhasil mengungkapkan beragam ilmu pengetahuan yang juga berdasarkan Al-Qur’an. Misalnya, matematika, fisika, kimia, biologi, geografi, teknologi, pembuatan pesawat terbang, ilmu tentang hewan, laut, tumbuh-tumbuhan, dan sebagainya.

Al-Qur’an mengatakan, “Katakanlah, sekiranya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalimat Tuhanku, sungguh habislah lautan itu sebelum habis (ditulis) kalimat-kalimat Tuhanku, meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu (pula).” (QS. Al-Kahfii: 109)

Dalam surah Lukman ayat 27, Allah berfirman, “Dan, seandainya pohon-pohon di bumi menjadi pena dan laut (menjadi tinta), ditambahkan kepadanya tujuh laut (lagi) sesudah (kering)nya, niscaya tidak akan habis-habisnya (dituliskan) kalimat Allah. Sesungguhnya, Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Penjelasan ini menunjukkan bahwa Al-Qur’an bagaikan sumber ilmu pengetahuan yang tak akan pernah habis untuk ditulis manusia kendari semua samudra (lautan) yang ada di dunia ini dijadikan tinta. Bahkan, hingga kering lautan itu dan ditambahkan lagi sebanyak tujuh samudra, ilmu Allah masih sangat luas.

Dalam surat Al-Israa ayat 85, Allah berfirman, “Dan, tidaklah kamu diberi ilmu, kecuali hanya sedikit.” Ayat ini menunjukkan bahwa ilmu manusia sangatlah kecil di mata Allah. Manusia tidak mengetahui apa yang ada di langit dan di bumi. Sedangkan, Allah mengetahui semuanya baik yang di langit, di bumi, di antara keduanya, maupun yang tersembunyi, tak luput dari pengetahuan Allah.

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah), melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus-menerus mengurus (makhluk-makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syarat di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan dan di belakang mereka dan mereka tidak mengetahui pa-apa dari ilmu Allah, melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan, Allah tidak merasa berat memelihari keduanya dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” (QS. Al-Baqarah: 255)

Dalam hal ini, Imam Syafi’i (Muhammad bin Idris al-Syafi’i) pernah berkata, “Semakin aku mengetahui sesuatu, akan makin tampak kebodohannku.” Keterangan ini menunjukkan bahwa Al-Qur’an adalah sumber ilmu pengetahuan yang akan selalu berkembang. Dan, hanya orang-orang yang beriman dan diberi petunjuk yang sanggup membuka sebagian rahasia dari ilmu Allah. Mereka itulah orang-orang yang berpikir dan menggunakan akalnya. Wa Allahu A’lam. [sya]

Dikutip dari Islam Digest Republika Edisi Ahad, 16 Agustus 2009.

Kamis, 02 Februari 2012

Cara Membuat Efek Marquee atau Teks Berjalan di Blog


Assalamu’alaikum dunsanak....

Tutorial blog kali ini ini, awak akan berbagi cara tentang efek marquee.
Apa itu marquee?
Marquee merupakan salah satu kode dalam HTML untuk membuat teks atau gambar menjadi bergerak dan berjalan. Kode satu ini banyak digunakan dan dipakai oleh para perancang di dalam blognya karena berefek dinamis dan menarik untuk dilihat. Selain menarik, juga dapat menghemat tempat dan posisi pada halaman blog kita.

Dalam menggunakan kode marquee ini digunakan tag <marquee>....</marquee>.
Disamping hasilnya berjalan dan bergerak juga dapat dikombinasikan dengan menggunakan kode-kode lain, yaitu:
  1. BGCOLOR="color" => Untuk mengatur warna background/latar belakang dari teks .
  2. DIRECTION="left/right/up/down" => Untuk mengatur arah gerakan teks.
  3. BEHAVIOR="scroll/slide/alternate" => Untuk mengatur perilaku gerakan.
    Scroll: teks bergerak atau berjalan penuh.
    Slide: teks bergerak sekali lalu berhenti.
    Alternate: teks bergerak dari kiri ke kanan kemudian berbalik kembali (bolak-balik).
  4. TITLE="text" => Teks yang ditulis akan muncul ketika penunjuk mouse berada di atas teks yang berjalan tersebut.
  5. SCROLLMOUNT="number" => Untuk mengatur kecepatan gerakan teks dalam satuan pixel. Semakin besar angka yang diatur, maka semakin cepat pula gerakannya
  6. SCROLLDELAY="number" => Untuk mengatur waktu tunda gerakan dalam satuan mili detik.
  7. LOOP="number|-1|infinite" => Untuk engatur jumlah loop.
  8. WIDTH="lebar" => Untuk mengatur lebar blok yang akan dilewati teks dalam satuan pixel atau persen.

Berikut contohnya agar lebih jelas lagi bagi dunsanak:
  1. Teks bergerak dari kanan ke kiri.
    <MARQUEE align="center" direction="left" height="" scrollamount="2" width="90%">
    Teks bergerak dari kanan ke kiri. http://dindrirahmad.blogspot.com</MARQUEE>

    Hasilnya:

    Teks bergerak dari kanan ke kiri. http://dindrirahmad.blogspot.com


    Untuk arah geraknya silahkan dunsanak ganti kata “left” sesuai keiinginan dunsanak, yaitu: “right” (dari kiri ke kanan), “up” (dari bawah ke atas), dan “down” (dari atas ke bawah).
  2. Efek marquee sesuai perilaku gerakannya.
    <MARQUEE align="center" direction="left" height="" scrollamount="3" width="70%" behavior="alternate">Efek marquee sesuai perilaku gerakannya, yaitu berputar. http://dindrirahmad.blogspot.com</MARQUEE>
    Hasilnya:
    Efek marquee sesuai perilaku gerakannya, yaitu berputar. http://dindrirahmad.blogspot.com
  3. Efek marquee dengan mengkombinasikan jenis huruf, cetak tebal, dan warna background.
    <MARQUEE bgcolor="black" width="70%"><span style="font-family: arial black; color:green"><u><b>DINDRI RAHMAD</b></u></span></MARQUEE>
    Hasilnya:
    DINDRI RAHMAD
  4. Mouse over. Maksudnya, teks yang sedang berjalan akan berhenti ketika penunjuk mouse diletakkan di atasnya dan akan berjalan kembali jika penunjuk dipindahkan.
    <MARQUEE onmouseover="this.stop()" onmouseout="this.start()" scrollamount="2" direction="up" width="50%" height="100" align="center">Silahkan dunsanak arahkan penunjuk mouse ke sini!</MARQUEE>
    Hasilnya:
    Silahkan dunsanak arahkan penunjuk mouse ke sini!
  5. Efek marquee yang di dalamnya terdapat link.
    <MARQUEE onmouseover="this.stop()" onmouseout="this.start()" scrollamount="2" direction="up" width="50%" height="100" align="center"><a href=”http://dindrirahmad.blogspot.com”>DindriRahmad.blogspot.com</a></MARQUEE>
    Hasilnya:
    DindriRahmad.blogspot.com

Itu beberapa contoh dari penggunaan efek marquee. Silahkan dunsanak tambahkan kode-kode lain sesuai keinginan dunsanak, misalnya memberikan garis bawah, ukuran huruf, dan lain sebagainya.

Makasii dunsanak, semoga bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan komentarnya ya... ^_^
Wassalamu’alaikum dunsanak....