Sabtu, 31 Maret 2012

RATU SIKUMBANG - Nyao Pulang Ka Badan


Mungkin dek untuang nan indak ado
Baurak raso jalinan cinto
Kinilah lamo maso balalu
Lah habih lah hilang rindu

Ndak disangajo kito batamu
Dingin badan ko taraso kaku
Den jawek salam mato balinang
Dunia raso baguncang

Raso nyawo pulang ka badan
Raso hiduik aruah nan hilang
Walau barek raso di dado
Lah den kubuo carito lamo

Ka dalam den raguak tangih
Di lua lai galak juo
Kok cinto ndak namuah habih
Den kukuik malah hati ko

Jumat, 30 Maret 2012

TRIO LIMPAPEH - Talambek Pulang


Yo mande….
Antah jo apo kakami baleh
Kami barampek mande gadangkan
Jo saba hati mande adokkan
Bareh sagantang nan kabatanakkan
Upah manuai manumbuak padi urang

Lah tibo….
Masonyo kami pulang ka kampuang
Japuik mande den bawok tabang
Paubek sakik salamo ko
Kini tibo masonyo kami sanangkan
Pambangkik lukah salamo ko nan tabanam

Liku-baliku….
Jalan ka baruah, sinan marantak si kudo bendi
Janjang patah pintulah rubuoh
Den imbau mande indak babunyi

Selasa, 20 Maret 2012

Ades Sadewa - Nasib Cinto Si Bansaik


Bialah kini denai surang diri
Bakawan jo malam sunyi
Bia den hapuih mimpi-mimpi di hati....
Adiak sayang dangan pinto ayah bundo
Tinggakan denai nan malang
Jikok jo denai adiak mungkin sansaro....

Bukan denai tak cinto bukan denai tak sayang
Kabuo kilek suaso dek ameh batang
Bukan denai tak cinto bukan denai tak sayang
Dek bansaik diri nan ko tak di pandang urang

Uda usah ragu jo bimbang kasiah denai kan uda surang
Bia lauik nan baduri kok jo uda denai ranangi
Bak cando Marapi jo Singgalang baitu taguohnyo hati
Usah uda marangkuah diri cinto denai yo sampai mati


Usah adiak mamaso diri kok kamudian cinto jadi sasalan
Jikok adiak sabana cinto kalangik tinggi adiak den bao

Kamis, 15 Maret 2012

Ades Sadewa - Jakarta Lautan Mimpi


Ondeh Jakarta lautan mimpi
Janjikan denai sarugo
Janjikan sagalo rupo
Denai tadayo

Tahun batuka musim baganti
Lah kariang baju di badan
Lah nasib kadipangakan
Ramuak jantuang ko

Takanan maso kapai antaro Merak Bangkahuni
Kini ko manyeso diri Jakarta lautan mimpi
Takanan maso kapai antaro Merak Bangkahuni
Kini ko manyeso diri Jakarta hanyo mimpi

Selasa, 13 Maret 2012

Hubungan Interaksi Manusia dan Komputer Dengan Bidang Ilmu Lain

Hubungan dan Keterkaitan Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) dengan Bidang Ilmu Lain

Apa hubungan dan keterkaitan Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) dengan bidang ilmu, seperti Ilmu Komputer dan Teknik Elektronika, Ergonomi, Antropologi, Linguistik, Sosiologi, Perancangan Grafis, Desain, dan Tipografi, Intelijen Buatan, serta Psikologi Kognitif?


Penjelasan:
Interaksi manusia dan komputer merupakan disiplin ilmu yang mempelajari desain, evaluasi, implementasi dari sistem komputer interaktif untuk dipakai oleh manusia, beserta studi tentang faktor-faktor utama dalam lingkungan interaksinya.

Tujuan dari IMK, antara lain:

  1. Menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable), memiliki manfaat dan mudah dioperasikan oleh user.
  2. Fungsionalitas, fungsi-fungsi yang ada dalam sistem yang dibuat sesuai dengan perencanaan.
  3. Keamanan (safe), apakah sistem yg kita dibuat memiliki tingkat pengamanan data atau tidak.
  4. Efeektifitas dan Efisiensi, berpengaruh pada produktifitas kerja dari penggunanya dan sistem yang dibuat harus berfungsi dengan baik.


Berikut ini merupakan uraian dan definisi beberapa bidang ilmu, antara lain:
  1. Ilmu Komputer dan Teknik Elektronika.
    Ilmu komputer adalah studi sistematik tentang proses algoritmik yang menjelaskan dan menstransformasikan informasi, baik itu berhubungan dengan teori-teori, analisis, desain, efisiensi, implementasi, ataupun aplikasi-aplikasi yang ada padanya.

    Bidang ini berperan memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCI.
  2. Ergonomi
    merupakan ilmu yang menitikberatkan pada pembahasan mengenai manusia sebagai elemen utama dalam suatu sistem kerja.

    Banyak definisi tentang ergonomi yang dikeluarkan oleh para pakar di bidangnya, antara lain sebagai berikut:
    1. A. Manuaba.
      Ergonomi adalah ”Ilmu” atau pendekatan multidisipliner yang bertujuan mengoptimalkan sistem manusia-pekerjaannya, sehingga tercapai alat, cara dan lingkungan kerja yang sehat, aman, nyaman, dan efisien (Manuaba, A., 2005).
    2. Iftikar Z. Sutalaksana.
      Iftikar Z. Sutalaksana dalam bukunya yang berjudul “Teknik Tata Cara Kerja” menuliskan bahwa ergonomi adalah suatu cabang ilmu yang sistematis untuk memanfaatkan informasi-informasi mengenai sifat, kemampuan, dan keterbatasan manusia untuk merancang suatu sistem kerja sehingga orang dapat hidup dan bekerja pada sistem itu dengan baik, yaitu mencapai tujuan yang diinginkan melalui pekerjaan itu dengan efektif, aman, dan nyaman (Sutalaksana, 1979).

  3. Antropologi
    adalah salah satu cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang budaya masyarakat suatu etnis tertentu. Antropologi lahir atau muncul berawal dari ketertarikan orang-orang Eropa yang melihat ciri-ciri fisik, adat istiadat, budaya yang berbeda dari apa yang dikenal di Eropa.
    Antropologi lebih memusatkan pada penduduk yang merupakan masyarakat tunggal, tunggal dalam arti kesatuan masyarakat yang tinggal daerah yang sama, antropologi mirip seperti sosiologi tetapi pada sosiologi lebih menitik beratkan pada masyarakat dan kehidupan sosialnya.

  4. Linguistik
    merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialog diperlukan sarana komunikasi yang memadai berupa suatu bahasa khusus, misal bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah, dan lain sebagainya.

  5. Sosiologi
    berasal dari bahasa Latin yaitu Socius yang berarti kawan, teman sedangkan Logos berarti ilmu pengetahuan. Ungkapan ini dipublikasikan diungkapkan pertama kalinya dalam buku yang berjudul "Cours De Philosophie Positive" karangan August Comte (1798-1857).
    Walaupun banyak definisi tentang sosiologi namun umumnya sosiologi dikenal sebagai ilmu pengetahuan tentang masyarakat.

    Masyarakat adalah sekelompok individu yang mempunyai hubungan, memiliki kepentingan bersama, dan memiliki budaya. Sosiologi hendak mempelajari masyarakat, perilaku masyarakat, dan perilaku sosial manusia dengan mengamati perilaku kelompok yang dibangunnya. Sebagai sebuah ilmu, sosiologi merupakan pengetahuan kemasyarakatan yang tersusun dari hasil-hasil pemikiran ilmiah dan dapat di kontrol secara kritis oleh orang lain atau umum.

  6. Perancangan grafis, desain dan tipografi.
    Sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog yang cukup efektif antara manusia & komputer.

    Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata "desain" bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, "desain" memiliki arti "proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru". Sebagai kata benda, "desain" digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata.

  7. Intelijen Buatan (Artificial Intelligence)
    merupakan kecerdasan atau kemampuan dari manusia yang diterapkan pada sebuah entitas buatan. Biasanya sistem seperti ini dikenal sebagai komputer. Komputer pada awalnya digunakan hanya untuk melakukan operasi hitung. Namun dengan berkembangnya pikiran manusia serta kecerdasan manusia komputer dapat melakukan kegiatan kegiatan yang bisa dilakukan oleh manusia.

  8. Psikologi kognitif
    adalah salah satu cabang dari psikologi dengan pendekatan kognitif untuk memahami perilaku manusia. Psikologi kognitif mempelajari tentang cara manusia menerima, mempersepsi, mempelajari, menalar, mengingat dan berpikir tentang suatu informasi.

  9. Philosophy (filsafat)
    adalah studi tentang masalah umum dan mendasar, seperti yang berhubungan dengan eksistensi ,pengetahuan ,nilai ,akal,pikiran ,dan bahasa sehingga dapat berperan untuk memberikan landasan filosofik dalam memahami berbagi konsep bagi penerapan interaksi manusia dan komputer.

  10. Engineering (teknik)
    yaitu disiplin, seni, keterampilan, profesi dan teknologi memperoleh dan menerapkan ilmu pengetahuan, matematika, ekonomi pengetahuan, sosial, dan praktis, untuk merancang dan membangun struktur, mesin, perangkat, sistem, bahan dan proses . dengan menguasai Teknik-teknik yang dapat digunakan dalam perancangan user interface agar lebih efektif.
    Suatu produk / program yang dibuat membutuhkan petunjuk manual agar orang yang belum biasa menggunakan produk tersebut bisa mempelajari lebih dahulu sehingga dapat terjadi interaksi yang baik antara orang itu dengan komputer.
    Pembuatan suatu produk atau software haruslah efisien dalam perhitungan matematika, Jika software bisa dijalankan oleh semua orang baik yang baru belajar maupun yang sudah pakar unsur kemudahan dalam segi hitungan matematika akan membuat software itu disukai oleh banyak orang.

  11. Social and Organizational Psychology (Sosial dan psikologi organisasi)
    yaitu memeriksa dan memahami masalah organisasi dari berbagai perspektif dan konteks dari individu, kelompok, dan tingkat organisasi.dengan ini IMK dapat sukses dalam pasar kerja yang beragam juga persaingan bisnis yang semakin ketat dan cepat berubah saat ini.

Kesimpulan
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hubungan dan keterkaitan Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) dengan bidang ilmu yang telah dituliskan di atas adalah agar sistem komputer yang dirancang oleh seorang perancang dapat bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya (user friendly). Sehingga, untuk mewujudkan dan membuat antarmuka yang baik dibutuhkanlah pemahaman beberapa bidang ilmu tersebut.




Daftar Pustaka
Manuaba, Adnyana. 2005. Ergonomi dalam Industri. Universitas Udayana.
Supriyanto, Aji. 2005. Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Salemba Infotek.
Sutalaksana, Iftikar Z. 1979. Teknik Tata Cara Kerja. Bandung: ITB.

Situs Web
http://adi-nuralim.blogspot.com/2011/02/intelejensi-buatan-artificial.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Antropologi
http://id.wikipedia.org/wiki/Desain
http://id.wikipedia.org/wiki/Psikologi_kognitif
http://id.wikipedia.org/wiki/Sosiologi
http://zaprach.blogspot.com/2010/11/linguistics.html

Sabtu, 10 Maret 2012

Ades Sadewa - Cinto Talarang


Kok hujan anggan nak turun
Rinai malah kok tido
Sungguahpun satitiak ambun
Kito tampuang baduo

Dek cinto kito talarang
Usahlah adiak ta gamang
Kok nyampang hiduik tak sanang
Badua malah kito karam

Dek kito indak sapadan
Mangkonyo urang sisiahkan
Tabuang adiak di jurang dalam
Dek kasiah usah ragukan....
Oh tuhan tolong taguakan
Iman di dalam dado
Kok bacarai nyawo jo badan
Nan cinto usah binaso....

Santano manatang galombang
Usah baputa haluan
Rilakan samo bamejan
Di lauik cinto nan dalam

Senin, 05 Maret 2012

Ades Sadewa - Bungo di Pusaro


Oii antahlah apo nan katajadi
Murai bakicau di hari sanjo
Datak jantuang denai tahanti
Mandanga kaba denai tarimo

Oii sungguahnyo denai indak manyangko
Adiak nan den sayang kinilah pai
Dijapuik Tuhan Nan Maha Kuaso
Tinggakan denai yo surang diri

Di ateh pusaronyo den tabuakan bungo-bungo
Kabakeh batu nisannyo den bisiakkan kato cinto
Tuhan Nan Kuaso dangakan pintak jo pinto
Sanangkan dirinyo di sarugo

Oii kiniko hanyo tingga kenangan
Katiko bungo tumbuah di jambangan
Tangih siaa nan ka maradokan
Bungo nan den cinto kini tiado

Kamis, 01 Maret 2012

Ades Sadewa - Bukik Lampu


Lagu rindu nan den dendangkan di Bukik Lampu
Dabuo ombak saksi bisu di panantian
Lah lupo uda jo janji-janji
Mangko kini tak batapati
Tinggalah denai surang diri
Tinggalah denai surang diri


Usah cameh usah bimbang uda tak datang
Janji-janji di Bukik Lampu tak mungkin hilang
Sanjo baganti bajawek malam
Arok nan tibo cahayo bulan
Jo tangih denai tangguang rindu
Manangih dek manahan rindu

Tuhan tunjukkanlah bukti nyato
Tabahnyo panantian
Bintang tarangkanlah umpamo
Bulan anggan bakawan....
Walaupun hati ramuak di dalam
Walaupun hati ramuak di dalam


Walau lamo adiak mananti uda katibo
Lagu rindu usah diganti jo aie mato
Bialah kini denai tangguangkan
Nasibnyo cinto uda lengahkan
Tabahkan denai nan malang ko
Tabahkan dalam panantian