Senin, 12 November 2012

Skenario dan Narasi Transmisi Data dalam Sebuah Jaringan Komputer yang Melibatkan IP dan MAC Address

Buatlah skenario dan narasikan apa yang terjadi pada saat melakukan transmisi data dari Komputer A menuju Komputer F dengan melibatkan IP address dan MAC address!

Komputer A yang memiliki IP address: 10.0.0.1 dan MAC address: AA:BB:…. akan melakukan pengiriman paket data ke Komputer F yang memiliki IP address: 20.0.0.2 dan MAC address: 11:22…., maka software aplikasi yang ingin berkomunikasi harus mengetahui IP address maupun MAC address dari si penerima (Komputer F). Kemudian si pengririm paket (Komputer A) akan melakukan ARP (Address Resolutions Protocol) Broadcast pada jaringan, yang bertujuan untuk menanyakan MAC address si penerima, jika hanya mengetahui IP address yang dituju.

Tabel ARP akan dicek, apakah IP dan MAC address yang dituju ada pada jaringan yang sama. Jika ada dalam tabel ARP, maka paket langsung dikirim ke komputer tujuan tanpa perlu melalui router, dan tabel ARP diupdate dengan MAC address komputer tujuan tersebut.
Jika ternyata tidak ada dalam tabel ARP, maka komputer akan mengirimkan paket ARP request di jaringan menanyakan pada router R, akan ditanya mempunyai MAC address berapa, supaya pengiriman paket dapat dilakukan. Jika komputer dengan IP address: 20.0.0.4 dan MAC address: 11:22…., terdapat dalam tabel ARP, maka paket data akan dikirim ke si penerima (Komputer F) dan tabel ARP akan diupdate dengan MAC address yang baru.

ARP request akan terjadi lagi dan menanyakan MAC address berapa yang ada pada router selanjutnya, jika IP address dan MAC address si penerima belum ditemukan.

Comments

0 komentar :

Posting Komentar