Jumat, 11 November 2011

Pengertian dan Definisi Sistem Operasi


Sistem operasi merupakan software yang berfungsi melakukan operasi yang mengurusi tentang segala aktivitas komputer seperti mendukung operasi sistem aplikasi dan mengendalikan semua perangkat komputer agar dapat berjalan selaras dengan fungsinya.

Sistem operasi (bahasa Inggris: operating system; OS) adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi boot diri.

Contoh populer sistem operasi modern termasuk Linux, Android, iOS, Mac OS X, dan Microsoft Windows.

Menurut Silberschatz, Galvin, Gagne (2003), sistem operasi adalah suatu program yang bertindak sebagai perantara antara pengguna dan hardware komputer. Dia juga menyatakan bahwa tujuan dari sistem operasi adalah:
  1. Melaksanakan program pengguna dan memudahkan dalam menyelesaikan masalahnya.
  2. Membuat sistem komputer menjadi mudah untuk digunakan.
  3. Menjadikan penggunaan hardware komputer menjadi lebih efisien.

Sistem operasi berkerja untuk mengatur operasi CPU, identifikasi input output (I/O), tempat penyimpanan (memori) dan segala aktivitas komputer. Sistem operasi mengendalikan semua daya komputer dan menyediakan landasan sehingga sebuah program aplikasi dapat ditulis atau dijalankan.


DAFTAR PUSTAKA
Supriyanto, Aji. 2005. Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Salemba Infotek.
http://id.wikipedia.org/

Comments

0 komentar :

Posting Komentar