Sabtu, 05 November 2011

Keuntungan dan Manfaat Jaringan Komputer


Assalamu’alaikum dunsanak...!!!
Pemanfaatan dan penggunaan jaringan komputer atau biasa disebut dengan network saja saat ini semakin populer, banyak diantaranya perusahaan, kampus, organisasi, dan kafe/toko pun juga memanfaatkan jaringan komputer ini. Penerapan jaringan komputer ini dikarenakan banyaknya keuntungan yang didapatkan.

Dengan memanfaatkan jaringan komputer ini berbagai macam keuntungan-keuntungan yang kita dapatkan diantaranya:
  1. Dapat saling berbagi (sharing) sumber daya peralatan (devices) secara bersama seperti hard disk, printer, modem, dan lain sebagainya tanpa harus memindahkan peralatan-peralatan tersebut kepada yang membutuhkan.
  2. Dapat saling berbagi (sharing) penggunaan file atau data yang ada pada server atau pada masing-masing workstation.
  3. Komunikasi antar pemakai melalui e-mail atau LAN Conference.
  4. Aplikasi dapat dipakai bersama-sama (multiuser).
  5. Akses ke jaringan memakai nama, kata sandi, dan pengaturan hak untuk data-data rahasia, sehingga masing-masing pengguna memiliki otorisasi.
  6. Pengontrolan pemakai ataupun pemakaian data secara terpusat dan oleh orang-orang tertentu, sehingga meningkatkan keamanan dan dapat melakukan pendelegasian pekerjaan yang sesuai.
  7. Mudah dalam melakukan backup data, karena manajemen yang tersentralisasi.
  8. Tidak tergantung kepada orang yang menyimpan data (apabila orangnya tidak ada) karena penyimpanan data tersentralisasi.
  9. Data yang selalu up to date karena server senantiasa memutakhirkan data bergitu ada input (Data Entry) diterima.
  10. Seorang supervisor/administrator dapat melakukan pengontrolan pemakai bersasarkan: waktu akses, tempat akses, kapasitas pemakaian hard disk, mendeteksi pemakai yang tidak berhak, monitor pekerjaan setiap pemakai.

Pada saat ini dengan berkembangnya teknologi software, dimungkinkannya penggunaan Internet secara bersama-sama secara simultan walaupun hanya memiliki satu modem, satu line telepon dan satu account Internet.

Penerapan jaringan komputer salah satunya yang paling dekat di antara kita adalah Warnet (warung internet). Pada warnet, diterapkannya jaringan komputer dengan menggunakan media transmisi kabel. Dan tak lupa juga di kampus, toko, kafe, yang biasanya di tempat-tempat tersebut bertuliskan “Wi-Fi atau Free Internet”.

Dengan demikian, kita dapat mengakses internet dengan bersuka ria dan Gratiiisss...!!! Tentunya manfaat lain dari pemanfaatan jaringan komputer untuk tempat-tempat seperti toko dan kafe adalah rame pengunjung, untuk memanfaatkan internet gratisss. Hahaha...!!!

Terima kasih dunsanak dan jangan lupa tinggalkan komentar. ^_^
Wassalamu’alaikum dunsanak...!!!

Comments

1 komentar :

Posting Komentar