Senin, 19 Desember 2011

Apa itu Email, Kegunaan dan Kelebihannya?


Assalamu’alaikum dunsanak...

E-mail. Pasti tidak asing lagi bagi kita semua terutama bagi dunsanak yang telah menggunakan jaringan internet.

E-mail merupakan singakatan dari electronik mail atau surat elektronik. Dengan demikian, e-mail dapat kita artikan sebagai surat yang dikirim atau yang diterima melalui jaringan internet.

Jika kita bandingkan dengan surat pada umumnya atau surat konvensional, email memiliki banyak kelebihan dan kegunaan antara lain adalah:
  1. E-mail akan lebih cepat sampai tujuan. Kecepatan ini dapat dihitung hanya dalam hitungan menit bahkan dalam hitungan detik, meskipun dari timur ke barat, selatan ke utara. Coba dunsanak bandingkan dengan surat pada umumnya, tentu akan memakan waktu beberapa hari, bahkan bulan.
  2. E-mail akan lebih aman. E-mail yang kita kirim tidak perlu khawatir atau takut tidak sampai pada tujuan selagi jaringan komunikasi untuk internet tetap tersedia. Sedangkan pengiriman surat biasa lebih mudah rusak bahkan hilang karena perjalanan yang jauh, bencana atau kecelakaan, atau disabotase oleh oknum tertentu.
  3. E-mail bersifat fleksibel. E-mail yang telah dikirim dan diterima akan mudah dibuka (dibaca) di mana pun dunsanak berada, mudah dimodifikasi, dan juga dapat segera dikirim kembali kepada pengirim atau kepada orang lainnya.
  4. E-mail sangat sederhana dan format lengkap. Isi e-mail yang dikirimkan dapat berupa data teks, software, gambar, suara, bahkan video.
  5. E-mail digunakan sebagai syarat utama untuk mendaftar atau membuat akun di suatu website, seperti jejaring sosial (Facebook, Twitter, dan lainnya) atau untuk mendaftar lainnya. Kegunaan e-mail disini sebagai verifikasi akun yang kita buat dan sebagai sarana untuk mengirimkan password kembali jika dunsanak lupa passwordnya.

Sekian dunsanak sedikit pembahasan tentang e-mail serta keuntungannya.

Maksii dunsanak, semoga bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan komentar ya...
Wasslamu’alaikum dunsanak...

Comments