Selasa, 20 Desember 2011

Cara Membuat Blog di Blogger.com atau Blogspot.com


Assalamu’alaikum dunsanak...

Setelah tahu tentang Apa itu Blog? Saatnya dunsanak untuk membuat blog.
Dalam tutorial kali ini, awak akan membantu dunsanak dalam membuat sebuah blog di blogspot. Jadi, selalu setia bersama kami di DindriRahmad.blogspot.com Hehehe :-D

Salah satu penyedia blog gratis yang cukup popular dan gratis adalah blogspot atau blogger.com. Untuk dapat menggunakan blog di blogspot ini kita haruslah daftar terlebih dahulu melalui situsnya, yaitu blogger.com. Sedangkan, untuk domain yang akan dunsanak dapatkan adalah sub domain dari blogspot. Contoh: dindrirahmad.blogspot.com

Penyedia blog seperti blogger.com ini memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan penyedia blog lainnya. Beberapa contoh kelebihanya adalah mudah dalam menggunakannya sehingga sangatlah cocok untuk para pemula, lebih bebas dalam mengedit-edit template sehingga tampilan blog kita dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan dan selera kita. Hehehe :-D
Dunsanak juga dapat mengubah nama blog dunsanak dengan nama domain sendiri. Contoh: dindrirahmad.blogspot.com diubah menjadi dindrirahmad.com. Sedangkan hostingnya tetap menggunakan layanan blogger.com yang masih tetap kita dapatkan dengan gratis. Hehehe :-D

Untuk mendaftar di blogger.com syarat utamanya adalah kita memiliki Email yang aktif yang masih bisa digunakan. Jika dunsanak belum mempunyai email, silahkan daftar dahulu di Gmail dan klik Panduan Membuat Email di Gmail.
Kenapa menggunakan layanan email Gmail?
Karena blogger merupakan salah satu layanan dari Google, sehingga sebaiknyalah kita menggunakan layanan email dari Gmail.

Berikut awak bantu dunsanak untuk membuat blog di Blogger.com.
  1. Hal pertama, silahkan dunsanak kunjungi Blogger.com.
  2. Setelah halamannya terbuka, silahkan dunsanak klik tombol Memulai.

  3. Sekarang dunsanak akan diarahkan ke halaman Ciptakan sebuah Akun Google.
    Isikan Alamat email dunsanak dan ketik ulang lagi.

  4. Isikan Password dunsanak, yang kuat dan rumit dengan karakter huruf + karakter angka + karakter simbol = sangat rumit, sangat rumit, dan sangat rumit. Tapi, sangat mudah untuk dunsanak ingat... Hehehe :-D
    Isikan juga Nama Tampilan yang digunakan untuk menandai posting blog dunsanak.
    Pilih Jenis Kelamin dan isikan juga Tanggal Lahir.
    Verifikasi Kata, ketikkan karakter yang dunsanak lihat.

    Penerimaan Persyaratan. Jangan lupa dunsanak Check Box pada Saya menerima Persyaratan dan Layanan.
    Klik tombol LANJUTKAN untuk melanjutkan ke halaman berikutnya.

  5. Pada halaman Namai Blog, isilah nama Judul Blog serta Alamat blog (URL) yang diinginkan.
    Perlu dunsanak INGAT! Bahwa dalam membuat sebuah alamat blog harus benar-benar diperhatikan dengan matang dan dengan pertimbangan-pertimbangan lainnya, karena alamat blog ini bersifat ‘permanen’ sehingga tidak dapat diubah-ubah lagi kecuali jika dunsanak menggantinya dengan custom domain.
    Jika alamat yang diinginkan ternyata tidak bisa digunakan, silahkan masukkan lagi alamat lain yang masih tersedia. Setelah alamat blog yang dunsanak inginkan sudah tersedia, silahkan klik tombol LANJUTKAN.

  6. Pada halaman ini dunsanak akan ditawarkan beberapa template yang akan digunakan. Pilihlah template yang dunsanak sukai. Template ini dapat kita ubah lagi sesuai dengan selera dunsanak setelah blog ini jadi. Kemudian klik LANJUTKAN.

  7. Blog Anda Sudah Jadi!". Berarti blog dunsanak sudah siap untuk digunakan. Kemudian LANJUTKAN dengan klik tombol MULAI BLOGGING.
    Dunsanak akan secara otomatis akan diarahkan ke post editor.

  8. Sekarang dunsanak sudah dapat memposting artikel dunsanak.
    Isikan judul blog dunsanak diisian Judul.
    Isikan isi posting di post editor.

    Setelah postingan dunsanak dituliskan, silahkan klik tombol PRATINJAU untuk melihat tampilan posting yang akan tampil di blog dan jika posting dunsanak sudah siap untuk dipublikasikan, klik tombol TERBITKAN ENTRI.
  9. Kemudian pada halaman berikutnya, Klik LIHAT ENTRI untuk melihat posting dunsanak.
  10. Alhamdulillah, selesai. ^_^

Alhamdulillah! Sekarang dunsanak sudah memiliki sebuah blog di blogger.com yang dapat dunsanak gunakan kapan saja. Untuk pembahasan lainnya tentang blog, silahkan dunsanak kunjungi kembali DindriRahmad.blogspot.com.

Makasi dunsanak, semoga bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan komentarnya ya... ^_^
Wassalamu’alaikum dunsanak...

Comments

0 komentar :

Posting Komentar