Sabtu, 17 Desember 2011

Trik dan Rahasia Pencarian Google


Assalamu’alaikum dunsanak...

Kata ‘Google’ pasti tidak akan asing lagi dari pendengaran dunsanak. Google sering kita gunakan untuk mencari suatu informasi hanya dengan mengetikkan sebuah kata atau yang lebih sering disebut dengan ‘keyword’ atau kata kunci. Kemudian secara otomatis Google akan menampilkan semua website/blog yang berhubungan dengan kata kunci yang kita ketikkan tadi.

Namun, terkadang TAK SEMUDAH itu Google akan menampilkan informasi yang kita inginkan. Karena terdapat jutaan website, miliyaran kata yang akan kita temui.

Jadi, bagaimana supaya suatu informasi yang kita inginkan dapat diperoleh dengan mudah?
Berikut awak tunjukkan kepada dunsanak trik dan rahasia untuk menggunakan Google.
  1. Carilah suatu informasi itu dengan menggunakan kata-kata yang lebih spesifik.
    Sering kali sebagian orang mencari informasi di Google hanya mengetikkan satu atau dua kata saja. Misalkan, dunsanak akan mencari informasi tentang ‘download software’, tapi tidak diiringi dengan software apa yang dimaksud. Apakah software untuk text editor, multimedia, utilities, atau lainnya. Karena banyaknya hasil yang ditampilkan Google, pasti akan membingungkan dunsanak sendiri.

    Untuk itu, ketikkanlah kata kunci yang lebih spesifik lagi. Misalkan, [ download software utilities cleaner registry free os windows 7 ]. Maksudnya adalah dunsanak akan mendownload sebuah software utilities untuk membersihkan registry tanpa bayar atau gratis yang dapat berjalan di sistem operasi Windows 7.

    Cara mencari informasi dengan mengetikkan kata kunci yang lebih spesifik seperti ini akan lebih efektif, lebih mudah, dan tepat agar informasi yang kita inginkan lebih cepat ditemukan.

  2. Menggunakan kata ‘tanya’ untuk menjawab suatu pertanyaan atau soal.
    Google juga banyak dimanfaatkan untuk mencari sebuah jawaban. Apakah itu pertanyaan dari sekolah, perkuliahan, atau pertanyaan-pertanyaan di sekitar kita.

    Pertanyan-pertanyaan yang dilontarkan pasti akan menggunakan kata tanya seperti apa, siapa, dimana, kapan, kenapa, dan bagaimana. Misalkan, dunsanak akan mencari pengertian tentang blog. Tentu pertanyaanya seperti ini, ‘Apakah yang dimaksud dengan Blog?’.

    Dengan menggunakan kata tanya seperti ini, otomatis Google akan menampilkan semua website yang mempunyai kata-kata yang kita ketikkan tadi termasuk kata ‘tanya’, sehingga akan lebih mempermudah kita dalam mencari jawabannya.

  3. Gunakan persamaan kata (sinonim) atau kata lain yang sama maknanya.
    Yang perlu dunsanak ketahui adalah semua informasi yang ada di internet dibuat oleh manusia. Sudah pasti setiap pemikiran manusia itu berbeda-beda. Misal, si A dan si B akan pergi ke pasar. Dan sudah pasti juga tidak hanya ada satu jalan, bisa jadi si A lewat di jalan yang sama dengan jalur angkot untuk ke pasar dan bisa jadi juga si B melalui jalan-jalan ‘mancik’ atau jalan tikus (orang Minang bilang tikus itu, mancik. Hehehe :-D )

    Begitu juga dengan setiap informasi yang disajikan di internet. Sebagai contoh tentang pengertian HTML. Ada yang menulis judul postingannya seperti ‘Apakah itu HTML?, ‘Apakah definisi HTML’, ‘Tahukah anda HTML’, atau lainnya yang mempunyai maksud yang sama.

    Jadi, silahkan dunsanak coba dengan mengetikkan kata-kata yang lain yang mempunyai makna yang sama.

  4. Gunakan tanda “kutip” ( “ )
    Dengan menggunakan tanda kutip, kata-kata yang dunsanak ketikkan akan tetap sesuai dengan rangkaian kata kunci yang diinginkan. Contoh, dunsanak akan mencari [ “trik dan rahasia pencarian google” ], maka Google akan menampilkan website yang pas dan sesuai dengan urutan keyword yang kita ketikkan.

    Cara seperti ini tentu akan lebih efektif dan relevan lagi, karena website yang kita inginkan sudah dibatas-batasi dengan keyword yang pas sesuai dengan rangkaian katanya.

  5. Gunakan tanda “plus” ( + ) dan “ minus” ( - )
    Operator ini sering kita gunakan dalam aritmatika, yaitu tanda ‘+’ untuk menambahkan dan tanda ‘-’ untuk mengurang.

    Begitu juga didalam pencarian Google, yaitu:
    Tanda ‘+’. Digunakan untuk menambahkan kata yang ingin dicari. Contoh, download lagu indonesia, tetap pakai tanda ‘kutip’ dan khusus untuk indonesia “pop” saja. Maka cukup dunsanak ketikkan [ “download lagu indonesia” + pop ]. Sehingga selain mencari kata kunci “download lagu indonesia” (tetap sesuai dengan rangkaian urutan katanya), Google juga akan menampilkan pencarian teratas jika ada kata kunci “pop”.

    Contoh lainya, [ “lirik lagu Minang” + site:dindrirahmad.blogspot.com ] sehingga akan ditampilkan “lirik lagu Minang” yang ada di website dindrirahmad.blogspot.com sebagai urutan teratasnya kemudian baru diikuti oleh website-website lainnya.

    Tanda ‘-’. Digunakan untuk mengurangi hasil pencarian. Misal, ingin mendownload sebuah e-book tentang kesehatan. Sehingga Google akan mengindeks semua halaman web yang sesuai dengan kata kunci tadi tanpda ada pengecualian, apakah itu sebuah iklan, berita, bookmarking, maupun hal lainnya.

    Tentu ini akan mempersulit kita karena tidak ada perbedaan mana yang iklan dan mana yang benar-benar bisa untuk didownload. Nah, disinilah tanda ‘-’ tadi dapat dunsanak manfaatkan. Sehingga dunsanak cukup mengetikkan [ “download e-book kesehatan gratis” - iklan ]. Sehingga selain mencari kata kunci “download e-book kesehatan gratis” (tetap sesuai dengan rangkaian urutan katanya), Google juga akan menampilkan pencarian teratas yang tidak ada kata “iklan”.

  6. Mencari file dengan ‘extention’ atau tipe file tertentu saja.
    Bagaimana jika dunsanak ingin mencari sebuah informasi yang terdapat di dalam sebuah dokumen word atau ‘.docx’ saja?

    Tenang dunsanak! Relax... Hehe :-D
    Caranya sangatlah mudah. Cukup dunsanak ketikkan saja extention atau tipe filenya. Contoh, [ “lirik lagu minang” filetype:docx ]. Sehingga Google akan menampilkan semua file yang berextention ‘.docx’ (Ms. Word).
    Untuk melihat file yang didukung dalam pencarian Google, silahkan dunsanak lihat di DindriRahmad.blogspot.com http://www.google.co.id/advanced_search?hl=id

  7. Gunakanlah search engine atau mesin pencari lainnya.
    Ingat dunsanak dunsanak! Masih ada mesin pencari lain yang dapat dunsanak gunakan selain Google, seperti Yahoo!, MSN, Ask, Wikipedia, Youtube untuk video, dan sebagainya.
    Dunsanak bisa menggunakan mesin pencari lebih dari satu secara bersamaan, sehingga informasi yang dunsanak cari akan lebih efektif lagi.


Alhamdulillah! Sekian dulu informasi tentang trik dan rahasia pencarian Google.
Makasii dunsanak, semoga bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan komentar ya... ^_^

Comments

1 komentar :

Submit your website or blog now for indexing in Google and 300+ search engines!

Over 200,000 websites listed!

Submit TODAY with I NEED HITS!

Posting Komentar