Selasa, 13 Desember 2011

Apa itu HTML?


Assalamu’alaikum dunsanak..!!!

Bagaimana kabar dunsanak?
Semoga dalam lindungan Allah Swt., sehingga dapat belajar blog diblog yang sederhana ini. Hehehe :-D

Ok! Kita mulai ajo yo....
Dalam menulis sebuah tulisan dalam blog (web log) maka kita akan menggunakan sebuah bahasa web. Salah satu bahasa yang paling umum digunakan adalah HyperText Markup Language (HTML).

HTML?
Apakah itu? Hehehe :-D
HyperText Markup Language (HTML) merupakan bahasa dari World Wide Web (WWW) yang paling umum digunakan untuk menyusun dan membentuk dokumen agar dapat ditampilkan pada program browser atau penjelajah web, seperti Mozilla Firefox, Internet Explorer, Google Chrome, Safari, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam software pengolah kata dan disimpan kedalam format ASCII normal sehingga menjadi home page dengan perintah-perintah HTML.

Dunsanak! Awalnya HTML bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), yang merupakan sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web.
Pada saat ini, HTML merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-lee Robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa).

Setiap kali kita mengakses dokumen Web, maka sesungguhnya kita mengakses dokumen seseorang yang telah ditulis dengan menggunakan format HTML. Beberapa orang ada yang merasa keberatan jika dikatakan HTML merupakan sebuah bahasa pemrograman.
Mengapa demikian?
Karena struktur yang dimilikinya dianggap terlalu sederhana, kode-kode dibaca oleh browser baris per baris, dari atas ke bawah. HTML juga tidak memiliki ‘looping’ seperti pada bahasa pemrograman lain.

Pada HTML dipergunakan hypertext link atau hubungan antara teks dan dokumen lain. Dengan demikian pembaca dokumen bisa melompat dari satu dokumen ke dokumen yang lain dengan mudah.
Terdapat tiga macam link yang dapat digunakan pada HTML, yaitu:
  1. Link untuk menuju bagian lain dari page (halaman).
  2. Link untuk menuju halaman lain dalam web site yang sama.
  3. Link untuk menuju web site yang berbeda.


Dengan menggunakan HTML, maka memungkinkan kita untuk menyunting tampilan atau format berkas yang akan kita tampilkan disebuah browser. Beberapa hal yang dapat dilakukan dalam menentukan format berkas atau tulisan, antara lain:
  1. Dapat menampilkan suatu kelompok kata dalam beberapa ukuran, beberapa jenis huruf, warna huruf yang berbeda, yang dapat digunakan untuk judul, heading, naskah, dan sebagainya.
  2. Dapat menampilkan tulisan dalam bentuk cetakan tebal, miring, garis bawah, berkedip-kedip, tulisan berjalan, dan sebagainya.


Secara garis besar, HTML dapat dibagi menjadi 4 elemen, antara lain:
  1. Structural merupakan tanda/markup yang menentukan level atau tingkatan dari sebuah tulisan. Contoh: <h1>Dindri Rahmad</h1>, maka pada browser tulisan “Dindri Rahmad” akan ditampilkan sebagai tulisan tebal besar yang menunjukkan sebagai Heading 1 (kepala tulisan level 1).
  2. Presentational merupakan tanda yang menentukan tampilan dari sebuah tulisan yang tidak terpengaruh terhadap tingkatan atau level dari sebuah tulisan. Contoh: <b>Dindri Rahmad</b>, maka pada browser tulisan “Dindri Rahmad” akan ditampilkan sebagai tulisan tebal.
  3. Hypertext merupakan tanda yang menunjukkan penghubung ke bagian dari dokumen yang sama atau penghubung ke dokumen lain, arti kata lain disebut juga dengan link. Contoh: <a href="http://dindrirahmad.blogspot.com/">Dindri Rahmad</a>, maka pada browser akan menampilkan Dindri Rahmad sebagai sebuah hyperlink ke URL yang telah ditentukan.
  4. Widget merupakan elemen yang dapat membuat objek-objek lain seperti tombol (<button>), list (<li>), dan garis horizontal (<hr>).


Dalam sebuah elemen HTML terdiri dari tag-tag beserta teks yang akan ditampilkan pada browser yang berada didalam tag-tag tersebut. Dalam penulisannya, tidak ada perbedaaan dalam penggunaan huruf besar ataupun huruf kecil dari suatu elemen. Tag ini dinyatakan dengan menggunakan tanda lebih kecil (<) dan tanda lebih besar (>).
Tag ini berpasang-pasangan, yaitu adanya Tag Awal, yang dinyatakan dalam bentuk <nama tag> dan Tag Akhir, yang dinyatakan dalam bentuk </nama tag>.
Sedangkan untuk formatnya dinyatakan dalam bentuk: <nama tag> teks yang akan ditampilkan </nama tag>. Contoh: jika ingin menampilkan teks dalam format garis bawah yang akan terlihat pada browser, maka perintahnya adalah <u> teks yang akan terlihat bergaris bawah pada browser </u>.

Demikian dunsanak sedikit pembahasan tentang HTML. Hal berikutnya yang perlu kita pelajari adalah mengenai markup atau tanda-tanda yang terdapat pada HTML. Tanda-tanda ini biasayna ada juga menyebutnya dengan kode-kode HTML... hehehe :-D
Untuk markup HTML ini bisa dunsanak lihat pada Markup/Tanda/Kode-Kode HTML.

Makasii dunsanak, semoga bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan komentar dunsanak ya... ^_^
Wassalamu’alaikum dunsanak....

Comments

0 komentar :

Posting Komentar