Selasa, 03 Januari 2012

Penyebab Loading Blog Lama dan Lambat


Assalamu’alaikum dunsanak...

Sudah menjadi keinginan kita semua dan setiap blogger menginginkan loading blognya cepat. Sudah pasti pula loading blog yang ‘LoLa’ alias loadiang lama :-D akan membuat kita gondok dan malas untuk berkunjung ke blog tersebut.

Bagaimana cara kerja loading blog tersebut?
Cara kerjanya, pada saat loading suatu blog akan berlangsung proses pengambilan atau pembukaan data-data internal dan eksternal yang dibutuhkan. Data-data internal ini dapat berupa data yang dunsanak pasang langsung ke dalam template dunsanak. Sedangkan data-data eksternal antara lain seperti gambar, javascipt, flash video, dan lain sebagainya yang lokasi penyimpanannya berada pada hosting atau di situs lain.

Standar ukuran sebuah blog adalah antara 50Kb hingga 100Kb. Jika jumlahnya lebih dari 50Kb, biasanya semakin lama pula waktu yang dibutuhkan, apalagi sudah melebihi 100Kb. Sebaliknya, jika ukurannya kurang dari 50Kb maka waktu aksesnya akan semakin cepat pula.

Timbullah pertanyaan dari dunsanak semua. Apakah penyebab sebuah blog itu loading lama dan lambat? Hehehe :-D

OK dunsanak! Pada postingan ini akan awak jelaskan apa-apa saja penyebab sebuah blog itu menjadi lama dan lambat untuk diakses, antara lain:
  1. Koneksi internet yang lambat dan tidak stabil
    Koneksi internet tentulah hal utama yang sangat mempengaruhi loading sebuah blog. Jika ukuran kecepatan untuk akses yang diberikan dan disediakan kecil, tentu proses dan loadingnya juga akan berlangsung lama.
  2. Koneksi server yang tidak stabil
    Semenjak awak mengunakan blog gratis yang disediakan oleh Blogger.com, Alhamdulillah aman-aman saja. Belum ada awak temukan koneksi yang bermasalah. Tapi jika memang ada gangguan pada server yang dunsanak gunakan, silahkan diberitahukan kepada penyedia server tersebut.
  3. Plugin/Widget yang berlebihan
    Plugin/Widget sangat berpengaruh terhadap loading sebuah blog. Semakin banyak plugin/widget yang dunsanak pasang di blog dunsanak, maka akan semakin membuat loading blog dunsanak menjadi sangat lambat dan membutuhkan waktu yang lama pula untuk diakses. Jadi, silahkan dunsanak kurangin dan hapus plugin/widget yang dianggap kurang berguna.
  4. Javascript yang berlebihan
    Javasript yang terlalu berlebihan juga berpengaruh terhadap kecepatan dan waktu akses blog dunsanak. Hal ini terjadi karena javascript juga membutuhkan waktu yang cukup lama pula untuk mencapai penuh. Jadi, sebaiknya juga untuk dikurangi dan menghapus javasript yang dianggap tidak perlu lagi. Iklan yang terlalu banyak
    Pemasangan iklan yang berlebihan juga berpengaruh terhadap kecepatan akses blog dunsanak. Jadi, sebaiknya dunsanak batasi juga untuk pemasangan iklan. File multimedia
    Data dan file multimedia seperti gambar, flash video, dan lainya sering menjadi salah satu penyebab suatu blog akan lambat dan membutuhkan waktu yang lama untuk diakses bahkan data atau file yang akan diloading tersebut akan gagal sama sekali.

Demikianlah dunsanak, penyebab-penyebab loading sebuah blog menjadi lambat dan lama untuk diakses. Semoga postingan ini dapat bermanfaat untuk dunsanak.

Makasii dunsanak, semoga bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan komentar ya... ^_^
Wassalamu’alaikum dunsanak...

Comments

6 komentar :

thanks ya gan tutorial'a .. sangat bermanfaat bagi saya :)

Saya bikin blog baru, dengan menggunakan templet yg sama dengan blog lama. baru 2 posting sudah lambat loadingnya bahkan malah eror,padahal belum ada widget yg dipasang. kira2 kenapa ya?

@Urang Kampung ::
Tarimo kasih mpuang, udah berkunjung ^_^

Denai rasa itu mungkiin masalah dengan templatenya, seperti script yang membutuhkan akses internet yang lebih cepat sehingga mengakibatkan loading semua komponen web menjadii lambat bahkan error karena koneksi yang tidak direspon-respon...
semoga membatu
:)

mantap artikelnya blopg saya seret nih dari traffic
http://perikanan38.blogspot.com

Posting Komentar