Minggu, 15 Januari 2012

Tips Membebaskan Ruang Harddisk


Assalamu’alaikum dunsanak....

Suatu waktu mungkin dunsanak pernah menemukan komputer dunsanak terasa berjalan lambat daripada biasanya. Kemungkinan besar salah satu penyebab kinerjanya menjadi lambat adalah karena harddisk dunsanak sudah penuh.

Jadi bagaimana cara untuk mengatasinya?
Caranya yaitu dengan membebaskan ruang harddisk yang sudah penuh. Berikut ini beberapa tips yang dapat dunsanak lakukan:
  1. Jalankan Disk Cleanup.
    Disk Cleanup berfungsi untuk menghapus file temporer internet dan Windows, mengosongkan Recycle Bin serta menghapus file-file yang sudah lama tidak dunsanak gunakan lagi, seperti shortcut. Menjalankan Disk Cleanup secara teratur akan membuat harddisk dunsanak dapat berjalan dengan baik.
    Dunsanak juga dapat menggunakan software GRATIS, seperti CCleaner yang berfungsi untuk membersihkan temporary dan registry.
  2. Review file-file multimedia dunsanak.
    Hapuslah lagu, film maupun file lain yang sudah tidak dunsanak butuhkan lagi, meskipun file ini tidak berukuran besar. Jika file ini sewaktu-waktu dunsanak butuhkan lagi, silahkan dunsanak simpan ke CD terlebih dahulu sebelum dunsanak hapus.
  3. Hapus/Uninstal programs.
    Program-program yang sudah dunsanak instal, tetapi tidak digunakan lagi, sebaiknya silahkan dunsanak hapus karena hanya akan menambah beban bagi ruang harddisk.
    Buka Add or Remove Programs dari Control Panel dunsanak dan lihatlah program-program apa saja yang tidak dibutuhkan lagi kemudian hapus/uninstal.
  4. Gunakan anti-spyware dan anti-virus.
    Silahkan dunsanak download, instal, dan jalankan program anti-spyware dan anti-virus yang dapat berfungsi sebagai pendeteksi file-file yang terinfeksi dan mengandung spyware maupun virus. Cara seperti ini penting dilakukan untuk membebaskan ruang-ruang dalam harddisk, sekaligus melindungi komputer dunsanak dari infeksi spyware dan virus.

Demikian dunsanak beberapa tips dan langkah untuk membebaskan kapasitas harddisk, sehingga harddisk dapat berjalan dengan optimal dan baik.

Makasii dunsanak, semoga bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan komentar ya... ^_^
Wassalamu’alaikum dunsanak....

Comments

2 komentar :

I have been using Kaspersky anti virus for a couple of years, and I'd recommend this product to all of you.

Ingin Cari Kaos Dakwah Terbaik, Disini tempatnya:
Tshirt Dakwah Quote

Mau Cari Bacaan Cinta Generasi Milenia Indonesia mengasikkan, disini tempatnya:
Penggoda dan Penghianat Itu Tidak Akan Pernah Bahagia

Posting Komentar